SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WELCOME

SELAMAT MENIKMATI INFORMASI YANG KAMI SAJIKAN DALAM BLOG INI.

SECARA UMUM DAN SEBAGIAN BESAR MERUPAKAN CATATAN PRIBADI YANG SIFATNYA PUBLIC CONSUMPTION DAN SEBAGIAN LAGI ADALAH BERITA UP TO DATE BAIK INSTANSIONAL, REGIONAL MAUPAUN NASIONAL.

Rabu, 18 Juni 2008

Fw: Sholat Jenazah atau sholat Ghaib



--- On Thu, 6/19/08, SUHAR NO <mas_arno@yahoo.com> wrote:
From: SUHAR NO <mas_arno@yahoo.com>
Subject: Sholat Jenazah atau sholat Ghaib
To: mama.wulan@yahoo.com
Date: Thursday, June 19, 2008, 1:15 PM

. INi sedikit catatan dalam pelaksanaan sholat jenazah:
Sholat jenazah Hukumnya Fardlu kifayah, artinya wajib untuk sebgian umat. Sedangkan sholat ghaib pada dasarnya sama dengan sholat jenazah tapi dilaksanakan tanpa adanya jenazah ditempat pelaksanaannya, sehingga ada sebagian orang mengatakan sholat tersebut sunat dan bahkan tidak dianjurkan.
Sholat jenazah / sholat ghaib pada dasarnya adalah bukan sholat secara umum (makanya tidak ada rukuk dan sujud), melainkan merupakan doa yang dimohonkan hamba kepada Allah untuk mengampuni dosa si mayit.
tata cara :
1. Berniat (dalam hati), nda usah di lakukan dengan nawaitu atau semacamnya, (disesuaikan dengan mayatnya, apakah laki atau perempuan). contoh  niat dalam hati, saya berniat sholat untuk mayit perempuan, karena Allah)
2. Mengucap takbir pertama  (dengan mengankat tangan kemudian  sedekap) , dilanjutkan dengan membaca Surat Al fatihah.
3.Mengucap takbir kedua (dengan mengangkat tangan kemudian kembali sedekap), dilanjutkan membaca sholawat (allahumma sholli wasallim ala muhammad wa ala alii muhammad), sebanyak tiga kali.
4. Mengucap takbir ketiga (dengan mengangkat tangan kemudian kembali sedekap), dilanjutkan membaca : Allahumma laa takhrimna ajraha (hu/hum), walaa taf tinna bakdaha (hu/hum), wagfirlana walaha (hu/hum)
5. Mengucap takbir keempat (dengan mengangkat tangan kemudian kembali sedekap), dilanjutkan dengan membaca : Allahummagfirlaha (hu/hum), warkham ha (hu/hum), wa afihi, wakfu anha (hu/hum).

keterangan :
untuk no 4 dan 5 disesuaikan dengan mayatnya laki atao perempuan . Jika perempuan doa diatas adalah cocok, tapi jika laki-laki maka yang didalam kurung yang dipakai (hu), tapi jika mayatnya banyak yang dipakai yang didalam kurung (hum).

6. Mengucap salam, sambil noleh kekanan, dilanjutkan menurunkan tangan kanan, dan salam lagi menoleh ke kiri dilanjutkan menurunkan tangan kiri.

Trims, moga bermanfaat


Tidak ada komentar: